PPKM diperpanjang hingga 9 Agustus 2021, Jokowi Tegaskan Mobilitas disesuaikan di daerah masing-masing

Akhirnya keputusan mengenai perpanjangan PPKM telah dikeluarkan langsung oleh pemerintah melalui tayangan Youtube Sekretariat Presiden yang disampaikan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada senin malam(9/8/2021).

“Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021,” ujar Jokowi.

Keputusan perpanjangan PPKM ini dibuat atas dasar pertimbangan hasil perpanjangan PPKM sebelumnya yang diterapkan selama 21-25 Juli dan diperpanjang 26 Juli-2 Agustus 2021. Menurut Jokowi perpanjangan PPKM sebelumnya telah memberikan hasil yang cukup signifikan karena telah membawa perbaikan yang cukup baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kesembuhan hingga aktivitas lainnya.

Jokowi juga menegaskan bahwa penyesuaian aktivitas dan mobilitas masyarakat nantinya akan disesuaikan dengan kondisi di daerah masing-masing.

Jika dilihat berdasarkan data yang ada hingga hari ini (2/8/2021) kasus Covid-19 di Indonesia tercatat sebesar 3.462.800 orang sejak 2 Maret 2020.

Lonjakan kasus tersebut terjadi sedikit banyaknya dipengaruhi oleh semakin banyaknya varian virus covid-19 yang muncul, hingga angka kematian tercatat sangat besar untuk di Indonesia.

Pada perkembangannya sendiri kasus covid-19 ini telah banyak memberikan dampak buruk bagi perekonomian masyarakat Indonesia sejak pertama kali pasien pertama diumumkan pada tahun 2020. Pemerintah telah berusaha untuk menanggulangi kasus ini dengan menurunkan bantuan sosial secara bertahap. Namun tetap saja kita tidak bisa menutup mata ketika semakin banyak masyarakat yang merasa kesulitan dalam menghadapi keadaan ini.

Ditambah lagi dengan adanya PPKM yang diperpanjang. Meskipun begitu, PPKM dirasa harus tetap dilaksanakan untuk menekan pertambahan kasus yang ditakutkan akan semakin berkepanjangan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.