Ikan Cupang masih menjadi Primadona.

Ikan Cupang di Indonesia menduduki peringkat tertinggi sebagai ikan yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, di masa pandemic ini ikan cupang atau yang memilik nama latin Betta Splendens ini memiliki penampilan yang sangat cantik dan memiliki beragam jenis bahkan ukuran. Namun baru baru ini mitos tentang mudahnya memelihara ikan cupang terpatahkan dengan banyaknya penelitian yang dilakukan oleh para penghobi, komunitas bahkan hingga kedokteran yang meneliti tentang ikan cupang.

Ikan Cupang jenis BETTA CHANNOIDES adalah salah satu ikan cupang alam asli yang di temukan di perairan Indonesia oleh Pieter Bleeker di Pampang – Kalimantan, seringkali ikan tersebut dipanggil dengan nama ikan berkepala-ular.

Ikan cupang yang memiliki postur yang unik dan warna yang menarik ini ternyata popular juga di mata dunia, pasalnya ikan dengan habitat aslinya yang tersebar di daerah tropis atau Asia Tenggara ini memiliki ketahanan yang tinggi dan mampu beradaptasi dengan lingkunganya dengan cepat, namun jangan salah, ternyata ikan cupang juga perlu di perhatikan dari sisi kelayakan tempat tinggal mereka…

MUDAH STRESS

Ikan Cupang yang banyak tersebar di perairan dangkal Thailand ini walaupun terkenal kuat, ikan cupang juga memiliki sisi sensitifitas yang tinggi seperti mudah stress apabila ditempatkan di tempat yang terlalu kecil. Maka kita juga harus memperhatikan ukuran akuarium yang akan menjadi tempat tinggal mereka.

Jadi Ikan Cupang jangan disimpen ditempat yang sempit ya.

FILTER AIR

Ikan Cupang jadalah hewan Tropis yang memerlukan suhu air 24 – 27 derajat celcius dengan system filtrasi ternyata hal wajib yang harus kita miliki, filter dengan aliran kecil pada Akuarium yang menjadi tempat tinggal Ikan Cupang, sehingga Ikan Cupang tidak mengkonsumsi ulang urine & fesses / Amonia, atau kita bisa mengganti air secara berkala untuk kesehatan lingkungan Ikan cupang.

SOLITARE

Ikan Cupang tidak pernah merasa keberatan untuk hidup sendiri. Sebab Ikan cupang cenderung bermasalah dengan ikan lain karena secara karakteristik ikan cupang adalah ikan petarung yang memiliki pertahanan khusus terhadap teritori daerah kekuasaan nya.

AKAR TANAMAN

Ikan Cupang juga ikut populer bersama Aquascape karena secara habitat aslinya Ikan Cupang hidup diantara akar-akar pohon yang tumbuh di dekat air dan mampu bertahan dengan memakan tanaman kecil yang ada di sekitarnya, bahkan Ikan cupang adalah ikan karnivora yang mampu memakan serangga dan larva di alam liar.

Tak jarang para pencinta Aquascape memasukan ikan cupang sebagai penghias tambahan bagi seni Aqua scape nya.

UMUR PANJANG

Ikan Cupang dikenal memiliki umur yang pendek dengan masa hidup 2-3 Tahun, namun ternyata Mitos tersebut dipatahkan ketika Ikan cupang diberikan sarana dan lingkungan yang baik ternyata ikan cupang dapat hidup 5 sampai 7 Tahun.

Syarat Ikan Cupang kesayangan kita memiliki umur panjang adalah dengan Kualitas Air yang baik, makanan yang sehat dan tempat yang layak.

MOOD BOOSTER

Ikan cupang memiliki tingat mood yang tinggi.

Tak Jarang Ikan Cupang mebuat gelembung pada tempat tinggalnya, Ternyata dari beberapa sumber dan hasil penelitian yang dikutip dari Aquatic Delight, Ikan cupang akan membuat gelembung apabila sedang dalam keadaan bahagia, bahkan asumsi itu diperkuat oleh banyak Pemelihara Ikan cupang bahwa gelembung yang dihasilkan ikan cupang tersebut adalah sebagai pertanda Naluri keinginan Ikan Cupang ingin kawin dan memikat pasangan nya.

Nah kalo kamu, signal apa yang akan dikeluarkan ketika sedang bahagia?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.