Louis Van Gaal kembali Melatih Timnas Belanda

Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda atau Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) resmi menunjuk kembali Louis van Gaal sebagai pelatih timnas Belanda menggantikan Frank de Boer yang mengundurkan diri usai pergelaran Euro 2020.

Dirilis resmi dari KNVB menyebutkan jika Van Gaal dan ketiga stafnya, yaitu Danny Blind (asisten pelatih), Henk Fraser (asisten pelatih), dan Frans Hoek (pelatih kiper), akan langsung bekerja dengan timnas Belanda jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dikutip dari rilis resmi KNVB, “Sepak bola Belanda selalu berada di hati saya. Sebuah kehormatan bisa melatih tim nasional Belanda,” tutur Pelatih 70 Tahun. Van Gaal langsung dihadapkan pada laga berat di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Belanda diketahui akan menjalani tiga pertandingan dalam rentang waktu tujuh hari. Belanda akan berhadapan dengan Norwegia (01/09/21) lalu Montenegro (04/09/21), dan terakhir Turki tiga hari sesudahnya (07/09/21).

De Boer sendiri melepas jabatannya sebagai pelatih timnas Belanda setelah de Oranje gagal lolos di babak 16 besar setelah dikandaskan oleh Republik Ceko pada bulan Juni kemarin.

Tiga Kali Bersama Belanda

Kembalinya Van Gaal kali ini merupakan periode ketiga-nya menjadi arsitek timnas Belanda. Ia ditunjuk kurang dari sepekan sebelum berulang tahun yang ke-70. Van Gaal pertama kali dipercaya menjadi nahkoda timnas Belanda pada bulan September tahun 2000 silam. Namun ia mengundurkan diri setahun kemudian setelah gagal membawa Belanda lolos tampil di Piala Dunia 2002 lalu.

Ia kemudian kembali pada Agustus 2012 dan sukses mengantarkan Belanda meraih tempat ketiga di ajang Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil. Setelah itu, Belanda diketahui bongkar pasang pelatih. Tak kurang, tujuh pelatih ditunjuk usai era kedua Van Gaal berakhir tahun 2014.

Tujuh pelatih tersebut antara lain adalah Guus Hiddink, Danny Blind, Fred Grim (interim), Dick Advocaat, Ronald Koeman, Dwight Lodeweges (interim), dan Frank de Boer.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.