Barcelona dan Lionel Messi, Resmi Berpisah

dilansir dari sport tempo, ESPN dan Marca

Kabar mengejutkan datang dari Sepakbola Spanyol, Barcelona telah mengumumkan bahwa Lionel Messi akan meninggalkan klub. Kesepakatan kontrak baru tidak dapat diselesaikan karena masalah keuangan yang melilit tim asal Catalan tersebut.

Pemain asal Argentina tersebut telah menjadi Free agents sejak masa kontraknya berakhir pada 30 Juni lalu. Namun, pada Juli lalu, seperti diberitakan Marca, telah tercapai kesepakatan jangka panjang lima tahun antara Messi dan Barcelona.

Namun, Barca tidak dapat mendaftarkan kontrak baru Messi ke La Liga karena terganjal aturan financial fair play dari La Liga.

Barcelona menyampaikan pernyataan terkait Lionel Messi pada Kamis malam waktu setempat, 5 Agustus 2021.

“Meskipun telah mencapai kesepakatan dengan Messi dan kedua belah pihak jelas ngin menandatangani kontrak baru, hal itu tidak daoat diselesaikan karena masalah keuangan dan struktural (aturan yang berkaitan dengan Liga Spanyol),” tulis klub di situs resmi mereka.

“Mengingat situasi ini, Messi tidak akan melanjutkan hubungannya dengan Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub tidak dapat terpenuhi.”

“Barca mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati kepada pemain atas kontribusinya dalam membesarkan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depannya dan karier profesionalnya.”

Lionel Messi mencoba meninggalkan Barcelona musim panas lalu setelah berselisih dengan presiden Josep Mario Batomeu, tetapi dia akhrinya bertahan satu musim lagi di luar keinginannya.

Sejak itu, spekulasi mengenai masa depan peraih Ballon d’Or enam kali itu terus mengikuti dengan Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG) menjadi dua klub yang terus memantau situasinya. Sekarang, mereka akan menjadi favorit untuk mengontraknya dengan status bebas transfer.

Terpilihnya Joan Laporta sebagai pengganti Bartomeu pada Maret lalu tampaknya mengubah situasi klub. Messi dan keluarganya dekat dengan Laporta, yang menjadi presiden saat pemain Argentina itu masuk ke tim utama Barca.

Dalam keterangannya, Laporta juga selalu menyatakan keyakinannya bahwa Messi akan tetap bertahan di Barcelona. Namun, sumber mengatakan kepada ESPN bahwa sang pemain sendiri tidak yakin dengan pekerjaan yang dilakukan presiden klub tersebut di bursa transfer musim panas ini.

Kepergian La Pulga dari Barcelona menjadi momen bersejarah bagi klub. Dia pertama kali bergabung dengan akademi klub, La Masia, pada 2000 saat usianya 13 tahun dan telah memainkan 778 pertandingan untuk klub, memecahkan rekor penampilan Xavi Hernandez musim lalu.

Pemain internasional Argentina itu juga telah mencetak 672 gol, rekor klub lain, dan telah membantu Barcelona memenangkan sejumlah trofi, di antaranya, 10 gelar La Liga dan Liga Champions pada empat kesempatan.

Dalam prosesnya, Messi telah memenangkan enam Ballon d’Or. Ia telah menjadi salah satu ikon sepakbola terhebat di dunia disamping rivalnya, Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi dikabarkan masih liburan bersama keluarganya. Menurut laporan media Spanyol, Marca, penyerang Argentina itu sempat berada di Barcelona setelah menghabiskan liburan di Amerika Serikat dan Republik Dominika, tetapi hanya beberapa jam sebelum kembali melanjutkan liburannya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.