Dengan banyak prestasi,apakah BTS bebas menjalankan wajib militer?

Isu pembebasan wajib militer bagi anggota BTS ini sudah sering menjadi pembahasan beberapa tahun belakangan. Di satu sisi BTS terus menunjukkan tajinya dengan prestasi internasional seperti baru-baru ini meraih posisi pertama di tangga lagu Billboard Hot 100 selama tiga pekan. Selain itu, juga saat pidato membuka sidang umum PBB 23 September 2020. , BTS telah berkontribusi terhadap Kpop secara keseluruhan dan bagi Korea Selatan secara ekonomi serta budaya. Selama beberapa dekade, atlet top, seperti peraih medali Olimpiade atau Asian Games, telah dibebaskan dari dinas militer dengan alasan bahwa mereka meningkatkan prestise nasional. Pengecualian juga diberikan kepada musisi klasik dan folk yang memenangkan penghargaan tertentu. Tetapi pada akhirnya Group Kpop BTS dipastikan tidak akan dibebaskan dari dinas wajib militer (wamil) mereka. Hal ini disampaikan oleh pihak Administrasi Tenaga Kerja Militer Korea Selatan. Penggemar dan warganet Korea Selatan selama ini mendiskusikan BTS harus diberikan pengecualian militer atau tidak. Administrasi Tenaga Kerja Militer secara resmi mengumumkan bahwa mereka tidak akan mendukung pembebasan tugas wajib militer grup dengan tujuh member tersebut. Lembaga itu sebelumnya masih bungkam tentang masalah tersebut, meskipun pejabat pemerintah lainnya telah menyatakan bahwa BTS tetap harus wajib militer.

Salah satu member tertua dari BTS, Kim Seok-jin atau Jin akan berulang tahun pada hari Jumat (4/12/2020) yang ke-28. Namun pada hari Selasa (1/12/2020), parlemen Korea Selatan (Korsel) telah memberinya hadiah ulang tahun lebih awal. Melansir New York Times, ulang tahun Jin bisa jadi menandai akhir dari karirnya sebagai bintang K-pop. Karena ia harus melakukan tugas negara dengan ikut wajib militer (wamil) yang memang diminta 20 bulan setelah pria Korsel berusia 28 tahun atau lebih cepat. Adapun pejabat negara yang mendukung dengan kebebasan wamil bagi BTS. Ini adalah tugas suci untuk mempertahankan negara kita, tetapi itu tidak berarti bahwa setiap orang harus membawa senjata,” kata Noh Woong-rae, seorang anggota parlemen senior di Partai Demokrat, yang mendukung perlakuan khusus untuk BTS.

Untuk saat ini BTS memang mengajukan penundaan wamil,Pengumuman yang disebut undang-undang BTS atau ‘BTS Law’ adalah kemenangan yang telah lama dicari oleh penggemar bintang K-pop. Pemerintah telah mengizinkan beberapa pengecualian, tetapi kriterianya telah diperiksa dengan cermat dalam beberapa tahun terakhir, Ketujuh anggota BTS itu pun telah memenuhi persyaratan untuk penundaan masa wamil. Jadi kemungkinan besar para army akan kehilangan karya BTS ketika nanti nya mereka sedang menjalani wajib milter.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.