KEMBANGKAN POTENSI KENTANG DI INDONESIA

Tanaman kentang memang identik dengan dataran tinggi. Namun siapa sangka ternyata kentang menjadi produksi terbesar di Indonesia. Dataran Tinggi tak hanya dikenal dengan keindahan dan keunikan alamnya. Beragam produk pertaniannya juga memiliki ciri khas yang tak ditemui di wilayah lain. Khusunya tanaman kentang yang menjadi salah satu dari banyak komoditi utama bagi para petani se-Indonesia, adapun langkah terbesar dengan minimnya lahan pertanian di Indonesia dan bahkan di dunia, memberikan peluang yang sangat besar bagi para petani dengan bekerjasama dengan Komunitas Usaha Pertanian sebagai wujud nyata pemrograman usaha tani KUP SUTA Nusantara yang di prakarsai oleh pendiri sekaligus Ketua Umum PIMPUS KUP SUTA Nusantara dan PERBUMMA Adat Nusantara, Bpk. Dadung Hari Setyo yang akrab disapa “Masda” bersama team yang kami hubungi melalui telepon, Kamis (19/08/21).

Ketua Umum PIMPUS KUP SUTA Nusantara dan PERBUMMA Adat Nusantara, Bpk. Dadung Hari Setyo yang akrab disapa “Masda.”

“Insya Allah kami siap untuk melakukan konsolidasi potensi pengembangan kentang yang diprogramkan oleh KUP SUTA Nusantara dari hulu dan hilirnya.” ungkap Pak Khudori kordinator Satuan Kerja Pengembangan Kentang KUP SUTA Nusantara.

Potensi kentang khususnya di pulau jawa dan sumatra akan dikembangkan oleh Komunitas Usaha Pertanian (KUP) SUTA Nusantara. Adapun daerah yang akan menjadi prIorItas utama adalah di jawa barat, Jawa Tengah dan Timur, sedangkan pulau sumatra khususnya di sumatra selatan dan Jambi.
Persiapanpun sudah dilakukan, langkah pertama adalah penyiapan penyerapan hasil produksi pertanian industri makanan ringan dan pengolahan industri kecil dan menegah untuk para anggota binaan KUP SUTA Nusantara.

Pertemuan satuan kerja pengembangan kentang “KUP Suta Nusantara.”

Setelah lebih dari satu tahun mengalami situasi pandemi covid 19, kami bersama Satuan Kerja Pengembangan Kentang melakukan konsolidasi, tahap awal kami sudah melalukan pemetaaan potensi, baik potensi pembenihan swadaya yang telah disiapkan pembinaannya oleh PT Champ Garut. Yang selanjutnya kami akan lakukan pemetaaan potensi budi daya kentang di pulau jawa dan sumatra yang memiliki sekitar 10 kota dan kabupaten.

PEMBENIHAN KENTANG SISTEM “KULTUR JARINGAN.” KUP SUTA NUSANTARA.

Dan saat kami sedang mempersiapkan market untuk hasil panennya yang bekerjasama dengan beberapa perusahan industri pengolahan kentang dan makanan, selain itu kami juga sedang mempersiapkan pengembangan industri kecil dan menengah dalam pengolahan kentang untuk makanan ringan.

Demikian ungkap Dadung Hari Setyo selaku Ketua Umum Pimpus KUP SUTA Nusantara.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.