19 Agustus 1945 Sebagai hari Departemen Luar Negeri.

Tahukah anda bahwa hari ini adalah hari departemen Luar negeri di Indonesia?

Tepat pada hari ini tanggal 19 Agustus, diperingati Hari Departemen Luar Negeri Republik Indonesia. Setiap tahunnya, peringatan tersebut dilakukan untuk mengenang kembali berdirinya Departemen Luar Negeri pada 19 Agustus 1945, dua hari usai Republik Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Baru baru ini yang kita kenal sebagai Kementrian Luar Negeri, Awalnya Departemen Luar Negeri, lalu diubah menjadi Kementerian Luar Negeri sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 menjadi Kementerian Luar Negeri.

Pada masa Pandemi Covid 19 ini perayaan tersebut tidak terdengar gaungnya pasalnya ditengah keadaan yang terbatas ini, Acara kegiatan tersebut tidak dilaksanakan secara besar, Hari pendirian Departemen Luar Negeri sangat lah penting bagi negara indonesa, pasalnya Hari Departemen Luar Negeri pada dua hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai cara Negara Indonesia untuk mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional.

Tak hanya itu, masa-masa tersebut penuh dengan berbagai upaya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia diakui oleh masyarakat dunia. Salah satunya melakukan perjanjian Linggarjati dengan pemerintah Belanda pada bulan Maret 1947.

Dikutip Tirto.id & Pemkot Manado, Kementerian Luar Negeri merupakan satu dari 13 kementerian yang pertama di Indonesia. Kementerian Luar Negeri merupakan salah satu unsur pelaksana pemerintahan di bidang pemerintahan luar negeri yang dipimpin oleh seorang Menteri. Saat ini, Menteri Luar Negeri dijabat oleh Y.M. RETNO L.P. MARSUDI.

Bersama dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertahanan, Menteri Luar Negeri akan bertindak sebagai pelaksana tugas kepresidenan apabila Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan. Kementerian Luar Negeri memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang politik.

Selain itu, Kemlu juga melaksanakan hubungan luar negeri dalam pemerintahan untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintaha negara. Berikut adalah fungsi Kementerian Luar Negeri sebagaimana dilansir dari Univeritas Malahayati:

  1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang politik dan hubungan luar negeri;
  2. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Luar Negeri;
  3. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Luar Negeri; dan
  4. Pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.

“Seorang penjaga toleransi, mendahulukan┬árekonsiliasi┬ádari relokasi.” Najwa Shihab.

Selamat Hari jadi Departemen Luar Negeri yang ke-76.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.