WASPADA “TANK SLAPPER” PADA KECEPATAN TINGGI.

Tank Slapper adalah istilah yang biasa kita dengar di dunia Balap International, bahkan baru-baru ini istilah tersebut sering kita dengar, apa sih penyebabnya?

Tank Slapper dikenal sebagai goyangan yang berlebih pada stang yang mengakibatkan kontak antara stang dan tangki, kasus ini sangat berbahaya, pasalnya kasus Tank Slapper biasa terjadi pada kecepatan tinggi.

Ingat kasus Jorge Lorenzo pada Moto GP tahun 2018? Yang mengalami hal serupa pada motornya, pada awal balapan ketika memasuki grid, belum diketahui secara rinci penyebab Jorge Lorenzo tersebut mengalami “Tank Slapper,” namun beberapa asumsi terjadi nya Tank Slapper adalah keadaan permukaan aspal yang bumpy, sehingga membuat roda depan kehilangan traksinya.

Dan dari beberapa kasus yang terjadi, bahkan laman dari beberapa situs otomotif di dunia ramai membahas tentang terjadinya Tank Slapper yang sering dialami pengendara pada kecepatan tinggi. “Tank Slapper Can Kill You,” kata tersebut lah yang banyak disampaikan oleh mereka. Karena dari banyak kasus Tank Slapper yang terjadi para rider tidak dapat mengatasi tungganganya.

Tank Slapper biasa terjadi pada kecepatan diatas 80 km/H sampai dengan 200 km/H, akibat dari hilangnya Traksi roda depan dan bertumpu besar pada roda belakang. Di indonesia juga sering terjadi hal serupa walaupun dengan kecepatan yang jarang menyamai MotoGp, namun di Indonesia hal ini besar kemungkinan untuk terjadi karena kontur tanah yang labil membuat karakteristik aspal mengikuti gelombang tersebut.

Berikut “Tips and Trick,” mengatasi hal tersebut, setidaknya dengan beberapa point ini dapat memberikan pengetahuan untuk dasar pengalaman anda dalam berkendara:

1. Memasang Steering Dumper,

Memasang Steering Dumper adalah hal baik bagi para Rider untuk mengurangi resiko Tank Slapper, setidaknya steering Dumper dapat meredam getaran berlebih pada stang kemudi kalian.

Saat Ini di pasaran sudah banyak tersedia produk Steering Dumper yang dapat di beli pada beberapa Platform Online Shop di indonesia, atau Anda dapat mengunjungi Bengkel kesayangan anda dan dapat berkonsultasi tentang produk Steering Dumper yang baik bagi kendaraan kalian.

2. Kuasai kendali kendaraan,

Menguasai kendaraan Adalah “KOENTJI,” terbaik bagi anda yang sedang mengalami kejadian tersebut, jangan coba melawan alur Tank Slapper namun arahkan Stang dengan sedikit menahan dan ikuti alurnya, jangan juga coba memaksa kendaraan anda untuk berhenti, apalagi dengan mengerem menggunakan REM DEPAN karena hal tersebut hanya akan memperparah anda dan membuat keluarga anda di rumah sedih.

Cobalah kuasai kendaraan dengan menyetabilkan kecepatan kendaraan dan menurunkan gas dengan perlahan sambil mengikuti alur Tank Slapper tersebut “APABILA JALAN KOSONG.” Apabila jalanan terbilang ramai cobalah sedikit mengarahkan ke jalur Anda berkendara.

3. Tetap tenang.

Berdo’a dan tetap tenang sesuai prinsip bisnis Alm. Bob Sadino yang selalu tenang menghadapi segala macam kendala dalam usahanya, dengan demikian anda akan berfikiran jernih dalam mengambil keputusan. Selalu berhati-hati dalam berkendara jangan terlalu berambisi dalam melibas jalanan yang kosong.

Keep safety guys, karena tetangga komplekmu menunggu kepastianmu…. ; )

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.